Situs informasi seputar desain

Cara Menampilkan Panel Layer di CorelDRAW

33

Layer pada aplikasi desain grafis dapat diibaratkan sebagi kertas transparant yang tersusun rapi, dimana disetiap lapisannya dapat diberi warna ataupun sebuah objek foto atau gambar dan warna atau objek tersebut akan menutupi lapisan yang ada dibawahnya dan juga dapat ditutupi oleh lapisan yang ada diatasnya. Jadi yang terlihat pada kanvas aplikasi desain grafis atau aplikasi foto editor hanyalah objek atau warna pada layer yang paling atas, kemudian layer dibawahnya hanya akan tampak jika ada bagian kosong pada layer yang paling atas.

Fitur layer sangatlah membatu pengguna aplikasi desain grafis untuk melakukan pengelompokan warna, filter dan objek. Bayangkan jika seandainya tidak ada layer, maka jika terjadi kesalahan pada satu objek,objek yang lain pasti akan ikut terganggu, dan kita juga tidak bebas mengubah warna, karena akan mengganggu warna yang lain.

Jika anda pengguna Adobe Photoshop pasti sudah tahu cara pengaplikasian layer, karena pada Adobe Photoshop secara default akan tampil panel layer.

Berbeda halnya dengan pengguna CorelDRAW terutama mereka yang masih pemula atau pengguna Adobe Photoshop yang mencoba menggunakan CorelDRAW. Beberapa diantara mereka yang mengeluh karena kesususahan mengatur curve pada CorelDRAW, bahkan tidak sedikit diantara mereka yang mengatakan bahwa di CorelDRAW tidak ada fitur layer. Sebenrnya jika anda mengatakan bahwa tidak ada fitur laer di CorelDraw itu adalah salah besar, karena CorelDRAW juga menyediakan fitur layer, hanya saja tampilannya tidak seperti layer yang ada pada aplikasi Adobe Photoshop.

Jika pada aplikasi Adobe Photoshop jendela tempat dimana layer berada disebut “Panel“, di CorelDRAW jendela tempat layer berad disebut “Dockers“. Pada Adobe Photoshop¬† tempat layer berada disebut Panel Layers, dan pada CorelDRAW tempat layer berada disebut Dorckers Object Manager. Itulah perbedaan yang paling dasar antara layer pada Adobe Photoshop dan layer pada CorelDRAW. Perbedaan lainnya adalah cara pengaplikasiannya juga sangatlah berbeda.

Jadi kembali ke judul post ini yaitu Cara Menampilkan Panel Layer di CorelDRAW, sebenarnya judul ini kurang tepat untuk tulisan ini, karena pada CorelDRAW tidak ada Panel Layer, judul yang tepat adalah Cara Menampilkan Object Manager Pada Corel Draw.

Selanjutnya kita membahas bagaimana cara menampilkan panel layer pada CorelDRAW atau lebih tepatnya bagaimana cara menampilkan object manager pada CorelDRAW?

Sangat mudah menampilkan Dockers Object Manager pada aplikasi CorelDRAW, anda cukup klik Window > Dockers, kemudian centang check box Object Manager. Setelah tercentang maka objek manager akan tampil dengan sendirinya.

Comments