Situs informasi seputar desain

Perbedaan Antara Brosur dengan Pamflet

109

Brosur dan Pamflet merupakan dua media promosi yang paling sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan dalam mempromosikan sebuah produk. Terkadang kita juga bingung dengan keberadaan brosur dan pamflet. Meskipun brosur dan pamflet memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai media promosi, namun keduanya memiliki perbedaan. Berikut ini Haidesain.com mengulas perbedaan antara brosur dan pamflet.

 

Brosur

Credit: Creativemarket

Brosur merupakan salah satu media promosi yang sering digunakan perusahaan karena media promosi ini memberikan informasi yang detail mengenai produk dan jasa. Biasanya brosur dibagikan oleh salesman, agen penjualan dan produsen kepada pelanggan yang tertarik dengan produk yang ditawarkan. Pamflet dan brosur memiliki ukuran yang sama yaitu selembaran kertas folio/A4. Tapi, biasanya brosur dapat dilipat/dapat dijilid. Pengertian brosur sendiri menurut Wikipedia, brosur adalah buku yang diterbitkan secara tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, dan selesai dalam sekali terbit.

 

Pamflet

Source: Google.com

Pamflet adalah selembar kertas yang dikemas dengan cara dilipat yang saling berhubungan satu sama lain dan tidak memiliki cover serta tidak dijilid. Biasanya pamflet digunakan untuk memberikan edukasi ataupun untuk menghibur penerima. Pamflet memiliki desain yang menarik dan memiliki cakupan yang luas sehingga pamflet merupakan media promosi yang sangat cocok digunakan untuk mempromosikan produk Anda. Menurut Wikipedia Pamflet adalah tulisan yang dapat disertai dengan gambar atau tidak, tanpa penyampulan maupun penjilidan, yang dicantumkan pada selembar kertas di satu sisi atau kedua sisinya, lalu dilipat atau dipotong setengah, sepertiga, atau bahkan seperempatnya, sehingga terlihat lebih kecil (dapat juga disebut selebaran).

 

Jadi, pamflet dan brosur memiliki fungsi yang sama untuk memberikan informasi sekaligus sebagai media promosi. Namun, brosur dan pamflet memiliki perbedaan dari segi pemanfaatnya. Jika brosur digunakan untuk salesman untuk menarik pelanggan tentang produk/jasa, sedangkan pamflet digunakan untuk memberi edukasi kepada pelanggan dan sekaligus untuk mempromosikan produk.

Sumber Wikipedia
Comments