Situs informasi seputar desain

Membuat Ekspresi Senyum Pada Foto dengan Photoshop

903

Salah satu fitur baru Photoshop CC 2016, adalah Face Aware Liquify yang memungkinkan Anda mengubah ekspresi wajah seseorang dengan cepat dan mudah  seperti menambahkan senyuman atau kerutan, atau menimbulkan emosi yang lebih kompleks.

Namun tanpa keterampilan khusus, hasilnya tidak akan maksimal.  Anda perlu menyadari bahwa, menambahkan senyuman tidak sekedar menggerakkan ujung bibir ke atas – kecuali jika Anda ingin membuat objek Anda menyerupai Joker Heath Ledger dari Batman: The Dark Knight dengan mata dingin membuat senyuman tampak maniak.

 

Dalam tutorial ini, fotografer Tigz Rice menunjukkan kepada Anda bagaimana menggunakan Face Aware Liquify di Photoshop untuk hasil yang tampak alami. Silahkan disimak 😀

 

Langkah Pertama

Pertama, buka gambar yang ingin anda edit kemudian masuk ke Filter> Liquify untuk membuka dialog Liquify.

Sumber: www.digitalartsonline.co.uk

Pada tutorial ini, kami ingin membuat pria ini lebih bahagia dengan apa yang ada di depannya dan sedikit menyeimbangkan wajahnya.

Langkah Kedua

Anda perlu memastikan Face tool [A] diaktifkan sehingga Photoshop secara otomatis menganalisis setiap gambar wajah dan menandainya dengan jalur seperti tanda kurung.

Sumber: www.digitalartsonline.co.uk

Hal pertama yang akan Anda perhatikan adalah jika Anda mengarahkan kursor ke wajah wajah, serangkaian titik dan tambalan muncul, khususnya di atas mata, hidung, bibir dan di sekitar wajah. Kita akan melihat masing-masing secara terpisah dalam langkah-langkah berikutnya.

 

Langkah Ketiga

Mari kita mulai dengan melihat path yang mengelilingi wajah. Seret Path points atas dan bawah untuk memanjang / memperpendek dahi dan dagu. Di sini saya menyeret dahi untuk sedikit memperlebar, beggitupun dengan dagu.

Sumber: www.digitalartsonline.co.uk
Tip: Jika Anda kebetulan menggarap gambar seseorang dengan jenggot, memperpanjang dagu juga bisa membuat wajahnya terlihat penuh rambut.
Langkah Keempat

Poin pada tulang pipi dan tulang rahang juga memungkinkan untuk mengatur struktur tulang dengan baik. Senyum sering disertai pelebaran rahang (yang juga bisa digunakan untuk membuat wajah tampak lebih maskulin jika Anda tidak menambahkan senyuman yang akan kita berikan nanti).

Disini

Sumber: www.digitalartsonline.co.uk

saya membawa garis rahang dan lebar wajah pada saat bersamaan, itu akan membuat wajah terlihat lebih ramping.

Disini saya sudah menyipit wajah sseta menguat (menguatkan) rahangnya.

Langkah Kelima
Sumber: www.digitalartsonline.co.uk

Sekarang mari kita lihat matanya, disini terdapat empat titik baru disertai  garis putus-putus. Pertama, coba klik dan seret mata untuk memindahkannya. Anda akan melihat bahwa Photoshop melindungi tampilan mata saat sedang dipindahkan.

Untuk screenshot di sini, saya sudah membuat contoh seberapa jauh mata bisa digerakkan. Namun, saya akan terus menyeret dan menekan cmd / Ctrl + Z untuk membatalkan langkah dan memposisikan ulang ke penempatan yang lebih sesuai untuk gambar ini.

Lagkah Keenam

Titik persegi besar mengendalikan keseluruhan ukuran mata secara proporsional, sementara tiga titik kecil memberi Anda kontrol manual penuh pada lebar dan tinggi mata.

Sumber: www.digitalartsonline.co.uk

Saya telah menggunakan titik persegi untuk mengurangi ukuran mata – yang sebelumnya diperbesar oleh kacamata  ke ukuran yang lebih realistis.

Langkah Ketuju

Menyeret ke atas dan ke bawah garis putus-putus di samping mata juga akan mengubah kemiringan mata. Namun, ini tidak perlu disini.

Sumber: www.digitalartsonline.co.uk
Tip: Seiring dengan pengaturan ekstra untuk Eye Distance, Anda dapat menemukan slider manual untuk semua kontrol ini di menu Properties di sebelah kanan layar.
Langkah Kedelapan

Selanjutnya, mari kita lihat hidungnya, yang memiliki path dengan tiga titik di bawahnya. Hidung dapat direposisi  dengan mengklik dan menyeret di tengah hidung.

Sumber: www.digitalartsonline.co.uk
Langkah Kesembilan

Dua titik luar path Anda dapat kontrol lebar hidungnya, sedangkan titik tengahnya anda dapat mengontrol tinggi hidungnya. Di sini, saya telah mengurangi lebar hidung sedikit demi sedikit untuk alasan estetika. Anda juga dapat menyesuaikannya melalui slider di panel Properties jika diinginkan.

Sumber: www.digitalartsonline.co.uk
Langkah Kesepuluh
Sumber: www.digitalartsonline.co.uk

Tidak perlu menyesuaikan tinggi hidung.

Langkah Kesebelas

Terakhir mari kita lihat mulutnya. Dua titik di kedua sisi mulut dapat anda gunakan untuk mengontrol lebar mulut dan juga memungkinkan Anda memperpanjang garis bibir.

Sumber: www.digitalartsonline.co.uk
Langkah Kedua belas

Anda dapat menyesuaikan tinggi bibirnya, dan menyeimbangkan bibir atas dan bibir bawah.

Sumber: www.digitalartsonline.co.uk
Langkah Ketiga belas

Sedangkan untuk lekukan di kedua sisi mulut, ini bisa digunakan untuk menambahkan sedikit senyuman (atau cemberut) kepada orang yang ada di foto Anda. Cukup tarik ke atas dan ke bawah sesuai kebutuhan – tapi jangan berlebihan.

Sumber: www.digitalartsonline.co.uk
Langkah Keempat belas

Setelah anda merasa puas dengan hasilnya, tekan OK di pojok kanan bawah untuk kembali ke antarmuka Photoshop utama.

Dan inilah keseluruhan prosesnya dalam bentuk GIF.

Sumber: www.digitalartsonline.co.uk

 

Sumber DigitalArts
Comments