Situs informasi seputar desain

Mengenal Pen Tool dan Cara Penggunaannya

36

Haidesain – Bagi anda yang sudah sering mengoperasikan aplikasi desain grafis pasti sudah mengenal Pen Tool. Pada perangkat lunak grafis, Pen Tool sering digunakan dalam pembuatan jalur vektor yang dapat diubah menjadi pilihan yang pada gilirannya dapat digunakan untuk mengekstrak atau menutupi kelompok piksel. Namun Pen Tool bukan tool untuk membuat seleksi, tapi pada aplikasi desain grafis berbasis bitmap, pentool juga dapat digunakan untuk mebuat seleksi dengan cara mengubah “path” yang telah dibut dengan pen tool menjadi “seleksi”. Namun untuk aplikasi desain grafis berbasis vector, fungsi pen tool di optimalkan untuk membuat kurva. Memang pentool adalah tool yang paling dasar untuk diketahui sebelum menggunakan aplikasi desain grafis, karena bisa dikatakan tool ini hampir selalu digunakan setiap kali melakukan editing.
Lalu bagaimana cara menggunakan pen tool? Berikut ini Haidesain memberikan penjelasan singkat tentang cara menggunakan pen tool. Disini saya menggunakan pen tool yang terdapat pada Photoshop, namun cara penggunaan penttol pada setiap aplikasi sebenarnya hampir sama. Sebagai contoh disini saya “menyeleksi” buah jeruk.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memilih Pen Tool   yang ada pada tool bar, kemudian mulai menyeleksi dengan cara klik kiri pada mouse pada bagian yang akan mulai di seleksi sampai muncul kotak kecil seperti ini pada mouse lalu tahan, atur hingga path mengikuti objek yang akan di seleksi.

Setelah penempatan path sudah tepat, lepaskan klik kiri pada mouse, lanjutkan dengan mengikuti cara sebelumnya.

Jika terjadi kasus sepert gambar diatas (path susah diatur kerena yang seleksi merupakan sebuah sudut) maka arahkan kursor ke kotak kecil yang telah dipasang, kemudian Klik [ Alt ] pada keyboard sambil klik kiri pada kotak tersebut.

Setelah itu lanjutkan menyeleksi hingga titik awal dan titik akhir bertemu.

Memang sekilas penggunaan pen tool terlihat sangatlah mudah, namun anda perlua banyak latihan untuk dapat mengontrol pergerakan path nya. Selamat latihan 😀

Comments